Pengantar Komputer

KOMPUTER HYBRID

  1. Pengertian

Komputer Hybrid adalah jenis komputer yang diperuntukkan untuk pengolahan data yang sifatnya baik kuantitatif maupun kualitatif, atau dengan istilah lain menggabungkan kemampuan digital dengan analog. Dengan perkataan lain data kuantitatif yang diolah menghasilkan data kualitatifnya dan sebaliknya. Komputer ini lebih cepat dari komputer digital dan lebih tepat dari komputer analog.

WAT_1001

Komputer ini digunakan untuk aplikasi khusus yang biasanya dipakai pada robot-robot yang pakai sebagai pakerja pada pabrik serta digunakan oleh berbagai rumah sakit yang digunakan untuk memeriksa keadaan tubuh dari pasien yang pada akhirnya komputer bisa mengeluarkan berbagai analisa yang disajikan dalam bentuk gambar, grafik ataupun tulisan. Misalnya komputer yang digunakan untuk USG mengeluarkan analisa kondisi janin dalam bentuk gambar, angka, atau data teks; komputer yang digunakan untuk memantau denyut nadi pasien mengeluarkan analisanya dalam bentuk grafik, data angka atau teks.

003

 

Komputer analog memiliki kelebihan sangat cepat karena dapat memecahkan sebagian persamaan yang kompleks pada tingkat di mana sinyal melintasi sirkuit, yang umumnya merupakan fraksi yang cukup dari kecepatan cahaya. Namun, ketepatan komputer analog tidak baik,  mereka terbatas pada tiga atau empat digit dari presisi. Komputer digital dapat dibangun untuk mengambil solusi persamaan untuk presisi hampir tidak terbatas, tetapi lambat dibandingkan dengan komputer analog Komputer hybrid menggunakan front-end komputer analog, yang kemudian dimasukkan ke dalam proses komputer digital iteratif untuk mencapai derajat yang diinginkan akhir presisi. Sehingga dengan tiga atau empat digit, benih numerik sangat akurat, perhitungan waktu total digital yang diperlukan untuk mencapai presisi yang diinginkan secara dramatis berkurang, karena iterasi lebih sedikit banyak diperlukan.

Perhatikan bahwa komputer hybrid harus dibedakan dari sistem hibrida. Sistem hibrida mungkin tidak lebih dari sebuah komputer digital yang dilengkapi dengan converter analog-ke-digital pada input dan / atau konverter digital-ke-analog outputnya, untuk mengubah sinyal analog untuk pemrosesan sinyal digital biasa, dan sebaliknya, misalnya , untuk mengemudi sistem kontrol fisik, seperti. Contoh  komputer hybrid  adalah komputer yang digunakan di rumah sakit untuk mengukur detak jantung pasien. Sedangkan mesin hibrida umumnya digunakan dalam aplikasi ilmiah atau dalam mengontrol proses industry, contohnya PC impian: NEC powermate P500 (komputer pertama di indonesia) dan alat yang biasanya digunakan didalam kedokteran

 blood pressure and ecg monitor

 

Kelebihan Komputer Hybrid

Komputer ini lebih cepat dari komputer digital dan lebih tepat dari komputer analog komputer jenis ini adalah komputer yang di gunakan pada robot – robot yang di pakai sebagai pekerja pada pabrik serta digunakan oleh berbagai rumah sakit yang digunakan untuk memeriksa keadaan tubuh dari pasien yang pada akhirnya komputer bisa mengeluarkan berbagai analisa yang di sajikan dalam bentuk gambar grafik ataupun tulisan. Keuntungan yang didapatkan antara lain:

  1. Noise dalam sistem diminimalkan (dan cenderung tidak menjadi aditif) tidak ada sistem umum di perlukan.
  2. Terdapat degradasi minimal sinyal bahkan jika ada perbedaan subtansi dalam aktifitas sepanjang jalan (hanya penundaan sinyal cenderung bervariasi).
  3. Sel-sel individu yang analog dengan komputer analog, sinopsis analog dengan komputer digital.

 itZWqSk

Cara Kerja

Sebagai contoh sistem saraf pada hewan adalah bentuk komputer hibrida. Sinyal melintasi sinapsis dari satu sel syaraf ke yang berikutnya sebagai diskrit (digital) paket bahan kimia, yang kemudian dijumlahkan dalam sel saraf dalam mode analog dengan membangun potensi elektro-kimia sampai ambang tersebut tercapai, dimana itu discharge dan mengirimkan serangkaian paket digital ke sel saraf berikutnya.

 

Leave a comment