Pengantar Komputer

KOMPUTER HYBRID

  1. Pengertian

Komputer Hybrid adalah jenis komputer yang diperuntukkan untuk pengolahan data yang sifatnya baik kuantitatif maupun kualitatif, atau dengan istilah lain menggabungkan kemampuan digital dengan analog. Dengan perkataan lain data kuantitatif yang diolah menghasilkan data kualitatifnya dan sebaliknya. Komputer ini lebih cepat dari komputer digital dan lebih tepat dari komputer analog.

WAT_1001

Komputer ini digunakan untuk aplikasi khusus yang biasanya dipakai pada robot-robot yang pakai sebagai pakerja pada pabrik serta digunakan oleh berbagai rumah sakit yang digunakan untuk memeriksa keadaan tubuh dari pasien yang pada akhirnya komputer bisa mengeluarkan berbagai analisa yang disajikan dalam bentuk gambar, grafik ataupun tulisan. Misalnya komputer yang digunakan untuk USG mengeluarkan analisa kondisi janin dalam bentuk gambar, angka, atau data teks; komputer yang digunakan untuk memantau denyut nadi pasien mengeluarkan analisanya dalam bentuk grafik, data angka atau teks.

003

 

Komputer analog memiliki kelebihan sangat cepat karena dapat memecahkan sebagian persamaan yang kompleks pada tingkat di mana sinyal melintasi sirkuit, yang umumnya merupakan fraksi yang cukup dari kecepatan cahaya. Namun, ketepatan komputer analog tidak baik,  mereka terbatas pada tiga atau empat digit dari presisi. Komputer digital dapat dibangun untuk mengambil solusi persamaan untuk presisi hampir tidak terbatas, tetapi lambat dibandingkan dengan komputer analog Komputer hybrid menggunakan front-end komputer analog, yang kemudian dimasukkan ke dalam proses komputer digital iteratif untuk mencapai derajat yang diinginkan akhir presisi. Sehingga dengan tiga atau empat digit, benih numerik sangat akurat, perhitungan waktu total digital yang diperlukan untuk mencapai presisi yang diinginkan secara dramatis berkurang, karena iterasi lebih sedikit banyak diperlukan.

Continue reading “KOMPUTER HYBRID”